Kamis, 16 April 2015

Buku "Anak Bukan Kertas Kosong"

 
  • Pendidikan itu bukanlah menanamkan, melainkan menumbuhkan. 
  • Pendidikan bukanlah mengubah beragam keistimewaan anak menjadi seragam, melainkan menstimulasi anak untuk menjadi dirinya sendiri. 
  • Pendidikan bukanlah proses memberi tekanan dari luar, melainkan menumbuhkan keistimewaan dalam diri anak. 
  • Pendidikan memfasilitasi tumbuh kembangnya keistimewaan anak agar menjadi orang yang mampu hidup mandiri dan bermanfaat untuk lingkungan sekitarnya. 
  • Pendidikan yang menumbuhkan itu memanusiakan, proses yang membuat seorang anak menjadi manusia seutuhnya.

Tulisan diatas beberapa kutipan dari buku Anak Bukan Kertas Kosong , yang ditulis oleh mas Bikik Setiawan.
Buku “Anak Bukan Kertas Kosong” membahas tentang sudut pandang orangtua (dan guru) dalam memandang dan memperlakukan anak. Buku yang terdiri 10 Bab ini memberikan wawasan praktis parenting, lengkap dengan panduan dan langkah teknis yang bisa dilakukan orangtua & pendidik. Kerangka kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) digunakan sebagai alat pandunya.

Buku Anak Bukan Kertas Kosong menceritakan zaman kreatif yang akan menjadi zaman bagi anak-anak kita kelak, sebuah konteks ketika anak kita kelak berkarir
Menceritakan pentingnya perubahan paradigma pendidikan dan relevansinya dengan pengembangan bakat anak.
Mengapa pengembangan bakat anak penting dalam menyiapkan anak kita menghadapi zaman kreatif.

Dalam buku ini juga mengulas konsepsi mengenai anak sebagai benih kehidupan yang utuh, bukan kertas kosong, mengajak pembaca untuk menukik lebih jauh mengenai anak sebagai pembelajar.
Anak mempunyai dorongan dalam diri yang mengarahkan tindakannya, dan pada dasarnya setiap anak itu cerdas.
Dengan pemahaman baru mengenai anak, kita bisa mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Mengenai pengembangan bakat anak, mengulas pengertian bakat dan prinsip pengembangan bakat anak. dan paparan mengenai siklus perkembangan bakat anak sejak kecil hingga fase berkarir.
Berdasarkan siklus tersebut, orangtua dapat mengambil peran dan sikap yang tepat dalam mengembangkan bakat anak.

Latihan bagi orangtua yang menumbuhkan bakat anak. Orangtua dapat mempraktikkan latihan ini sendiri, bersama keluarga yang lain, atau dalam sebuah komunitas orangtua.

Panduan bagi orangtua untuk mengenali kecerdasan majemuk anak, serta panduan bagi orangtua untuk menstimulasi anak untuk gemar dan tekun belajar mengembangkan bakatnya.





sumber : bikik.com
 
Catatan: 

Buku Anak Bukan Kertas Kosong adalah sebuah panduan bagi orang tua dalam pengembangan bakat anak. Bila tertarik mengetahui tentang buku ini, silahkan kunjungi web buku, follow @takita atau like Facebook Anak Bukan Kertas Kosong



0 komentar:

Posting Komentar

 

Paud Photizo Solo Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting