Kamis, 16 April 2015

5 Tips Yang Efektif untuk mengasah Parenting

5 tips berikut ini dapat membantu untuk mengasah Parenting Skill Mama Papa.
  • Jadilah teladan bagi anak. Ingat dia meniru Mama Papa, dan belajar mengenal dunia orang dewasa melalui perilaku Mama Papa sendiri. Jadilah orang dewasa yang Mama Papa ingin anak Mama Papa menjadi nantinya.
  • Selalu tetap tenang. Mama Papa tidak mengajarkan apa-apa jika berteriak pada anak. Jangan bereaksi impulsif di depan anak. Tahan kemarahan. Perasaan marah adalah normal. Luapkan kemarahan di ruangan lain jika perlu. Suara Mama Papa tetap lembut tapi dengan nada tegas. Tidak perlu berteriak.
  • Selalu jelaskan konsekuensi dari perilaku buruk anak. Jelaskan padanya apa yang boleh dan tidak boleh, lalu tanyakan apakah anak sudah mengerti. Hargai perilaku anak yang baik. Seringkali, anak-anak tetap memiliki perilaku buruk karena mereka tidak mengerti bahwa hal itu tidak boleh dilakukan. Ketika anak melakukannya, mereka dapat memilih bagaimana berperilaku dengan mengetahui apa yang akan menjadi konsekuensinya, bagaimana Mama Papa akan bereaksi, dan kedisiplinan apa yang diberikan. Ini adalah salah satu Parenting Skill yang paling efektif dalam jangka panjang. Mulailah terapkan dari sekarang.
  • Dorong anak untuk membangun harga dirinya. Katakan padanya dia mampu melakukan sesuatu, tetapi tunjukan bahwa melakukan kesalahan itu adalah normal. Jangan ajarkan dia untuk mencari kesempurnaan. Perhatikan apa yang dia lakukan, apa yang sulit baginya, dan perhatikan ketika dia sedang berusaha. Jangan memberikan bantuan karena kasihan. Biarkan dia mencoba.
  • Katakan dan tunjukan cinta tanpa syarat anda untuk anak Anda. Selalu ungkapkan bahwa Mama Papa mencintai dia tak peduli apapun. Ada beberapa perilaku anak yang tidak dapat diterima, itu sebabnya Mama Papa menghukum mereka, tetapi hukuman tersebut tidak pernah mengurangi cinta kita baginya. Ciumlah dan peluk anak dan katakan, “Mama cinta kamu, Mama mendukung kamu dan menyayangimu”. Ini sangat penting.

Tetapi bagaimana jika situasi saya lebih sulit dan perilaku anak saya sudah tidak bisa ditolerir?


Ketika sebuah perilaku buruk sudah menjadi kebiasaan bagi anak dan Mama Papa tidak memiliki kontrol atau otoritas di atasnya lagi, beberapa panduan efektif harus diterapkan oleh Mama Papa sesegera mungkin. Sayangnya dalam situasi seperti itu, Mama Papa membutuhkan lebih dari sekedar beberapa tips.
Kabar baiknya adalah bahwa seorang terapis dapat menciptakan program Parenting Skill yang sangat efektif yang dapat dengan mudah diterapkan.
Mama Papa mungkin ingin mendiskusikannya dengan seorang terapis untuk mencari metode mana yang paling cocok untuk anak.
Dengan konsistensi dan keterampilan komunikasi yang tepat, situasi apa pun dapat ditingkatkan, tidak peduli seberapa putus asa tampaknya Mama Papa saat ini, saya dapat meyakinkan bahwa semuanya akan menjadi lebih baik.

Sumber : http://theurbanmama.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Paud Photizo Solo Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting