Jumat, 10 Juli 2015

Tips Mendidik Anak Supaya Patuh

Anak-anak seperti foto copy orang tuanya, artinya apa yang dilakukan anak-anak kita hanya mencontoh apa yang mereka lihat dan mereka dengar dari kita sebagai orang tuanya.
Sebagai orang tua kita harus berhati-hati dalam mendidik anak-anak kita, dan menjaga sikap dan harus bisa menahan diri dari ulah anak-anak kita.

Berikut tips supaya anak kita patuh kepada kita sebagai orang tuanya :
  1. Konsisten :  Dalam mendidik anak, kita harus konsisten terhadap apa yang menjadi peraturan kita / apa yang kita ajarkan kepada anak, misalnya anak kita hanya boleh main games dihari libur saja, hal tersebut harus benar-benar diterapkan, meskipun seringkali si anak suka merengek-rengek, karena mereka selalu mencari celah agar orang tua mau menuruti kemauan mereka.
  2. Bersikap lembut : kekerasan belum tentu membuat anak patuh kepada kita, tetapi malah justru bisa membuat mereka benci dan menjauh dari kita, nah kalo sudah begitu bagaimana mereka mau mendengar kita ? Anak-anak lebih suka diperlakukan dengan lembut, karena membuat mereka nyaman, dengan begitu mereka bisa mempercayai kita, dan patuh pada kita.
  3. Memberikan contoh : ajarkan anak tentang hal-hal yang baik dengan memberikan contoh kepada mereka, cara ini yang paling efektif untuk membuat anak patuh.
  4. Memberikan pujian : jangan segan-segan memberikan pujian kepada anak-anak kita ketika mereka melakukan hal baik, dengan demikian mereka akan senang dan mau melakukannya lagi.
  5. Memberikan penjelasan : berikan penjelasan kepada anak tentang peraturan yang anda buat, sehingga anak menjadi mengerti mengapa anda memberikan peraturan tersebut.
Demikian Tips mendidik anak supaya patuh, semoga bermanfaat bagi ayah bunda sekalian.




0 komentar:

Posting Komentar

 

Paud Photizo Solo Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting