Kamis, 12 Mei 2016

Membuat Playdough

Mainan  playdough (plastisin)

Bermain playdough pasti menyenangkan buat anak-anak, mereka bisa membuat berbagai bentuk mainan yang mereka sukai, seperti mobil-mobilan, kue, buah, atau yang lainnya.

Mainan playdough ini bisa menstimulasi kreatifitas anak, ciptakan kreatifitas anak sejak dini.
Berikut beberapa manfaat bermain playdough :
  • Kemampuan sensorik
    Salah satu cara bayi untuk mengenal sesuatu yaitu melalui sentuhan. Dengan bermain play dough mereka belajar tentang tekstur, serta bagaimana menciptakan sesuatu.
  • Kemampuan berfikir
    Bermain play dough bisa mengasah kemampuan berfikir anak. Latihlah dia dengan memberikan contoh bagaimana bermain dan menciptakan sesuatu dengan play dough.
  • Self Esteem
    Permainan play dough adalah permainan yang tanpa aturan sehingga berguna untuk mengembangkan kemampuan imajinasi dan kreatifitas anak. Dengan bermain play dough dapat meningkatkan rasa ingin tahu si kecil, sekaligus mengajarkannya tentang problem solving yang berguna untuk meningkatkan self esteemnya.
  • Kemampuan berbahasa
    Meremas, berguling, membuat bola, dan berputar adalah beberapa kata yang akan sering didengar anak anda saat bermain play dough. Gunakan kata-kata untuk mendeskripsikan kegiatan anda bermain play dough. Atau jika perlu berilah nama untuk setiap bentuk yang anda buat dari play dough.
  • Kemampuan sosial
    selain bermain dengan anda, berilah kesempatan pada sikecil untuk bermain play dough dengan teman-temannya. Dengan bermain bersama, si kecil punya kesempatan untuk menjalin interaksi yang akrab dengan teman-temannya. Seorang anak pada dasarnya berfikiran self center, namun dengan melakukan aktifitas bermain bersama tersebut, maka anak-anak akan belajar bahwa bermain bersama juga sangat menyenangkan.

Jika mainan plastisin harus dibeli dengan harga yang biasanya cukup mahal, mainan adonan sejenis plastisin buatan ayah bunda dapat dibuat dengan bahan yang murah dan tak kalah mengasyikan bagi si kecil. Manfaatkan bahan-bahan di dapur untuk membuat mainan adonan sendiri.

Untuk membuat mainan adonan, sbb :

Bahan yang harus disediakan:
  • 2 cangkir tepung terigu
  • 1/2 cangkir garam
  • 2 sendok makan cream of tartar (bisa diganti dengan baking powder)
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 1 1/2 cangkir air mendidih
  • Pewarna makanan

Cara membuatnya:
  1. Panaskan air hingga mendidih.
  2. Campurkan cream of tartar, garam, tepung terigu dan minyak dalam wadah
  3. Masukkan air panas secara bertahap hingga adonan mencapai kekentalan yang pas. Konsistensi adonan dikatakan cukup jika adonan sudah kalis.
  4. Gulung dan remas-remas adonan hingga kalis. Moms dapat melibatkan si kecil dalam bagian ini, menyenangkan!
  5. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Buatlah lubang di tengahnya dan teteskan pewarna makanan. Kemudian gulung-gulung adonan hingga warna tercampur rata.
  6. Simpan play dough di tempat yang kedap udara karena play dough ini mudah mengering.
Mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi bersama putra putri tercinta....
sumber : kafebalita.com & soklindetergent.com

#paudphotizosolo
#mainankreatif
#mainanuntuksikecil 
#mainanmelatihmotorikanak
#melatihmotorikanak

0 komentar:

Posting Komentar

 

Paud Photizo Solo Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting